Ini Dia Penyebab Trypophobia dan Cara Menghilangkannya


Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

Penyebab Trypophobia – Phobia atau dalam bahasa Indonesia disebut Fobia merupakan sebuah ketakutan terhadap suatu objek secara berlebihan. Gangguan seperti ini juga biasa disebut sebagai gangguan anxietas fobik. Jenis gangguan ini terkadang terdengar lucu dan aneh bagi orang umum. Sebab, perasaan takut yang muncul terkadang sangat berlebihan, padahal objek yang ditakuti biasanya tidak berbahaya atau menakutkan secara umum. Fobia sendiri sebenarnya berasal dari rasa atau pikiran negatif yang muncul dari dalam diri sendiri.

Ada banyak jenis Fobia yang sering dialami oleh sebagian besar orang seperti hyperphobia, hydrophobia, dan photophobia. Beberapa jenis phobia itu tentu sudah sering kita dengar dan akrab di telinga kita. Namun pernahkah Anda mendengar kata Trypophobia ? Jenis Phobia yang satu ini kini Lagitren. Trypophobia adalah fobia atau ketakutan terhadap lubang lubang kecil, atau totol totol dalam jumlah yang banyak. Trpophobia memang cukup unik, sebab ketakutan terjadi ketika melihat objek objek yang berbentuk lubang atau totol totol kecil, padahal lubang tersebut tidak berbahaya, menjijikkan, atau bahkan lucu. Namun bagi penderita Trypophobia, lubang tersebut terasa sangat mengganggu dan terlihat mengerikan. Lantas apa yang menjadi penyebab Trypophobia?

Gejala Trypophobia

Gejala Trypophobia

Penyebab Trypophobia sendiri belum dapat dipastikan. Namun dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Essex Inggris, penyebab Trypophobia adalah melihat kemiripan pola lubang dengan hewan beracun. Penderita yang mengalami Trypophobia memang akan takut ketika melihat pola lubang yang terulang seperti sarang temut, gelembung sabun, atau terumbu karang.

Gejala Trypophobia

Seorang penderita Trypophobia akan mengalami trauma psikologis ketika meluhat pola lubang seperti yang sudah dijelaskan di atas. Efek yang ditimbulkan atau gejala Trypophobia bisa bermacam macam. Namun secara umum penderita Trypophobia akan mengalami beberapa gejala seperti berikut ;

  • Panik ketakutan secara berlebihan ketika melihat lubang.
  • Merasa geli dan merinding pada indera peraba (kulit).
  • Jijik, kemudian merasa mual, jika berlanjut bahkan bisa muntah muntah.
  • Jantung berdebar deba debar
  • Kepala pusing atau migrain

Cara Menghilangkan Trypophobia

Untuk menghilangkan fobia atau ketakutan terhadap lubang, harus dimulai dari diri sendiri ada niat untuk menghilangkan rasa takut. Caranya adalah dengan melakukan terapi neurolinguistik, atau berkonsultasi dengan psikolog. Sebab, kebanyakan phobia itu muncul karena gangguan psikologi yang ada di dalam pikiran kita sendiri.


Lowongan dibuka s/d 17 Januari 2017

Pencarian Artikel:

Author: admin

Share This Post On

60 Comments

  1. geli sama penyakit trypophobia

    Post a Reply
  2. Jangan liatin gambarnya lah… gk bisa tidur karnanya…

    Post a Reply
  3. Paok klen smua!! Trypophobia tu HOAX doank!! Tengok lh d yutub

    Post a Reply
  4. Yg komen atas ane oon.
    Yg d bahas Itu bukan penyakit totol2.
    Tp phobia akan totol2 tololz
    Wkwkwkwkk

    Post a Reply
    • Emang, tolol banget.. Dikiranya dia penyakit, makanya baca.. Dibaca, jangan hoax hoax aja.. Modal nonton youtube aja

      Post a Reply
  5. Ngeliat yg begituan jadi gatal2

    Post a Reply
  6. Makasih Telah Diberikan Solusi

    Post a Reply
  7. dari dulu selalu merinding liat contoh” gambar yg begitu…

    Post a Reply
  8. trypophobia itu sbnrnya bkn penyakit fisik, tp pnyakit psikologis. klo mo bljr ngalahin trypophobia, cb aja liat tekstur biji teratai… itu lbh sangar teksturnya drpd sarang lebah atau semut

    Post a Reply
  9. Alamak ngeri kali aku bacanya.tapi kok bsa jadi bolong2 gitu itu lh jadi pertanyaan aku ,msak gara2 liat lubang2 gitu tiba2 muncul ,kurasa itu penyakit bkn phobia

    Post a Reply
  10. Merasa gatal sendiri, merinding, seperti orang mau kesurupan

    Post a Reply
  11. Benerr apahh bohong penyakit inihh

    Post a Reply
  12. Jangan kuatir.. Saya juga sebelumnya seperti Anda.. Tapi saya punya keinginan yang sangat kuat untuk sembuh.. Makanya saya Google semua situs yang berhubungan dengan Tryphobia dan memaksakan diri untuk memandang setiap gambar yang ada dengan seksama bahkan saya zoom untuk melihat detailnya.. Pada dasarnya gambar-gambar tersebut adalah hasil rekayasa gambar atau yang biasa disebut gambar photoshop.. Tidak ada yang betulan.. Kalau toh ada yang natural justru biasanya tidak terlalu mengerikan.. Karena logikanya hanya orang bodoh yang mau membiarkan tubuhnya bolong-bolong tanpa diobati kan..

    Alhasil setelah tiga hari berturut-turut saya ‘pantengi’ gambar-gambar tersebut, sekarang saya jadi biasa aja bahkan suka tertawa geli kalau melihatnya lagi sambil berpikir.. ‘kog ada aja orang yang sempet-sempetnya bikin gambar-gambar tersebut.. over creative, kali yaa…’ Hehehe…..

    Selamat mencoba dan segera sembuh…

    Post a Reply
    • Nah, ini baru solusi, bukannya malah ngata2in orang..
      nice info gan..

      Post a Reply
    • Buat vika…
      Akan sy coba, krn sy tersiksa setiap melihat totol totol…..

      Post a Reply
    • Persis yg saya alami tadinya saya ngeri gatel takut lihat lobang2 itu tp saya niatan mau sembuh saya zoom gbr2 itu alhasil pikiran saya berkata bahwa gbr2 itu buatan manuisa bukan gbr beneran dan skrg saya berangsur sembuh dr trypophobia walau msh agak sedikit penasaran

      Post a Reply
    • Setuju sama agan Vlad. Sy dulu juga jijik liat bolong2 kecil. Apalagi gambar yg di tangan, kaki, dan sejenisnya. Pertama sayakira itu penyakit kulit beneran. Ga tau cuma sotosop tangan dan biji bunga teratai. Akhirnya cari artikel trypopobhia. Makin sering liat, jadi makin biasa. Sama kayak agan Vlad, gambarnya saya zoom in. Ternyata setelah dari deket baru deh kliatan kalo itu sotosop. Makin sering liat, makin ga takut.

      Post a Reply
    • Setuju sama agan Vlad. Awalnya saya emang takut banget liat lubang2 kecil, apalagi yg ada dibagian tubuh manusia. Liat gambar di google yang telapak tangannya bolong2, bikin merinding disko. Tapi ternyata itu gambar cuma photoshop. Yang bolong2 itu ternyata biji bunga teratai. Karena saya pgn sembuh. awalnya liat2 gambar biji bunga teratai dulu. Lama2 baru berani ketik kata “Trypophobia” di google. Semakin sering liat, jadi semakin ga takut lagi. Kalau ada tangan yang seperti-nya real kena penyakit bolong2 itu, ternyata itu make-up doank. Banyak kok di Youtube tutorial-nya. Mungkin kalau pengen sembuh, awalnya liat biji bunga teratai dulu atau lotus seed. Kalau saya sama seperti agan Vlad, sampe di zoom in itu gambar yang ada bolong2nya. Saya juga 2 hari ini berturut2 saya paksakan liat gambar trypophobia. Makin lama jadi makin biasa aja liat gambar2 seperti itu. Semoga teman2 yg trypophobia ga takut lagi sama lubang2 kecil. Salam.

      Post a Reply
  13. ‘( tolongin gan ilangin pnyakit tryphopobhia :'(

    Post a Reply
  14. Susah tidur tiap malem kebayang bayang terus hati gelisah kulitnya mrinding trus gatel2 gan :'(

    Post a Reply
  15. Sumpah geli bgt liatnya,merinding,mual”,hadoohh shock kebayang” mulu gambarnya di otak saya!! Sumpah jadi phobia bgt liat lobang” kecil gitu

    Post a Reply
  16. Iyuh oweee liat gambatnya,
    Jijik

    Post a Reply
  17. Biasa aja sih.. cma merinding dikit

    Post a Reply
  18. Jadi mual..jijik kbayang trs ?jd g bisa mkn….iiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhh ????

    Post a Reply
  19. Ada ga solusi lain ilangin phobia ini soalnya dari kecil udh pnh coba liatin gbr bulat gitu yang ada malah tambah takut sampai merinding

    Post a Reply
  20. . Jijik banget lihat itu gambar rasanya gatel, geli, pengen
    Muntah, terus ternak sendiri, jijik bangetttttt

    Post a Reply
  21. Jijikkxxx..Merinding liatnya

    Post a Reply
  22. geli, pusing, mual2, kebayang sampe berhari hari. pengen vangey bisa gak phobia tp masih pusing kapo mau biasain lihat 🙁

    Post a Reply
  23. trypophobia itu tidak ada..logika dong masa gra2 phobia kaya gitu lngsng bolong tanpa sebab

    Post a Reply
    • Gambar bolong bolong itu cuma ilustrasi aja. Bukan penyakit trypophobia. Trypophobia itu penyakit psikis

      Post a Reply
    • trypophobia itu penyakit mental, fobia liat gambar totol2.. bukannya penyakit bolong2 kaya yg agan sebutin LOL

      Post a Reply
    • trypophobia itu penyakit mental, fobia liat gambar totol2.. bukannya penyakit bolong2 kaya yg agan sebutin LOL

      Post a Reply
  24. Wah jangan2 ane juga kena tryphopobia itu. Pas liat tu gmbar jd merinding2 sendiri

    Post a Reply
  25. Jijik tapi pingin liat terus

    Post a Reply
  26. G
    Aku juga !!! Pengen mandi sebanyak banyak nya biar ilang gatal2 nie

    Post a Reply
  27. menurut saya emg gmbr itu hny rekayasa tp yg dmksd trypophobia itu melht kumpulan bolong2,, merindiing

    Post a Reply
  28. Bikin gk bisa tidur.. merinding … gatal2. Kepala pusing. Pliisss jgn tampilkan gambar2 seperti itu d sosmed..

    Post a Reply
  29. Agak e saya masuk categori iki
    Soale merinding juga mual
    Terutama kalau melihat ular atau belut
    Jadi ngeri 🙁

    Post a Reply
  30. saya juga gatel2 lihat yg spt ini..tapi jadinya malah googling biar ga phobia lg..

    Post a Reply
  31. TRYPOPHOBIA bukan penyakit gan….
    Trypophobia ini di kategorikan takut pada lubang atau benjolan yg sangat banyak.
    Itu salah besar jika mengatakan jijik, mual, merinding, dan gatal mengidap trypophobia.
    Jika anda merasakan salah satu hal diatas, kalian tidak perlu khawatir, itu adalah sifat manusiawi. Beda dengan orang yang takut akan hal yang nyata dlm kehidupan… perlu di ketahui tidak ada penyakit seperti diatas, semoga kalian bisa membedakan antara rasa takut dan jijik.
    Salam sejahtera semoga tetap sehat.

    Post a Reply
  32. Astagfirullah merinding tapi pengen liat lagi dan lagi sama gambarnya bikin penasaran

    Post a Reply
  33. Sebenarnya kalo liat totol2 nya di tumbuhan atau hewan yg lainnya biasa aja. Tapi kalo d tubuh manusia ga tahan antara takut, merinding, kasian, atau apalah itu. Jd pliisss stop gausah d tempel2 d tubuh manusia pen nangis liatnya.

    Post a Reply
  34. Yang bwat gmbr pertama kali orang yg lg cari duit biar postingan nya bnyak d buka dan di liat cari keuntungan dari ketakutan orang lain

    Post a Reply
  35. gatel jadinya klo liat itu gambar, tp saya gak prnh ingat ingat jika lagi mikir

    Post a Reply
  36. Pertama kali liat gambar bolong2 dari DP bbm temen yg sengaja masang telapak tgn bolong2. Mual , pusing, gatel yg dirasa .Sejak saat itu jd geli tiap liat apa aja yg bolong2. Kesiksa bgt. Krna tu gambar tgn kebayang terus. pengen bgt buat lupain . tp susaaaaah bgt. Kadang skr liat makanan aja suka kebayang, bika ambon, kue apem, martabak bangka klo blm di kasih topinh. Haduuuuh kesiksaaaaaa

    Post a Reply
  37. Baru sadar ternyata phobia yg aku alami trypophobia..merinding liatin gambarnya..

    Post a Reply
  38. Merindingnya ga mau hilang
    Jdi kea gamandi badan pada gatal smua. Abis tu badan Jdi lmes
    Udah cb pntengin ftonya Tpi ttp aj bgtu

    Post a Reply
  39. Dulu pas lihat gambarnya pertama kali rasanya gimana gitu, tapi sekarang udah gak terlalu kayak dulu, karena udah sering lihat gituan sih

    Post a Reply
  40. Gara2 kaka ku iseng ngeliatin org yg tanggnya luka berlubang2 sampe beberspa hari aku kebayang2 samape aku merinding ssma kpalaku trasa sakit.aku jini liatnya

    Post a Reply
  41. Ane gak nyampe muntah² cuma geli geli gimana gitu

    Post a Reply
  42. pernah dipaksa temen disuruh pantengin totol” gitu. gw nya malah merinding, sekujur ditubuh. malah sampe nangis gara” badan dr atas sampe bawah gemeter dipaksa liat kaya gitu.

    Post a Reply
  43. kalo ini nyata ,pernah dengar ; rangen ?.jaman belum santer mesin cuci, emak2 suka nyuci secara manual dgn telapak kaki selalu kena air. Telapak kaki dgn kulit mati yg tebal ini yg dimakan kutu air,shngga membentuk lubang n alur yg tak beraturan

    Post a Reply
  44. Awalnya saya juga agak merinding melihat lubang2 di tangan. Saya berfikir knpa saya takut?? Lalu saya mencari cara untuk menghilangkan rasa takut saya dengan mencari gambar2 yang serupa dan mengoleksinya hingga saya terbiasa dengan gambar2 tersebut

    Post a Reply

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *